EPIC CIS League Spring 2021 – Gambaran Umum dan Hasil

Acara Peringkat Utama Regional (RMR) pertama dari komunitas CIS, Liga EPIC CIS 2021, terjadi antara 12 Mei dan 1 Juni, dengan kumpulan hadiah sebesar $40.000. Tempat pertamanya jatuh ke Gambit Esports setelah membalikkan permainan dan mengalahkan Virtus.pro. Namun, pertarungan yang menentukan bukanlah fokus utama mereka yang mengiringi acara tersebut. Akuma Ukraina yang mendapat juara 3 menjadi pusat polemik yang masih meluas tanpa penyelesaian yang jelas.

Tinjauan Umum EPIC CIS League Spring 2021

Fase grup tidak mudah dibaca dan, meskipun Gambit dan Virtus.pro menyandang gelar pemimpin dunia, mereka tidak memiliki waktu yang mudah untuk memastikan tempat mereka di fase eliminasi.

Jalan Gambit ke final adalah yang kurang bermasalah, dengan tim dengan cepat mengungkapkan penguasaannya di babak play-off, hanya kehilangan satu peta untuk Entropiq, yang berakhir di urutan ke-6. VP memiliki jalur yang lebih merepotkan, dikalahkan oleh Akuma setelah mengalahkan forZe.

Namun, mereka berhasil menembus braket bawah, menghilangkan Team Spirit dan Entropiq untuk akhirnya membalas dendam pada Akuma dengan 2-0, hasil yang sama didapat Gambit melawan tim Ukraina yang polemik. VP mencoba bereaksi di babak kedua di peta yang mereka pilih melawan Gambit, tetapi sudah terlambat, dengan keunggulan 8 poin.

CIS RMR pertama berakhir dengan Team Spirit memegang erat kepemimpinannya, diikuti oleh Natus Vincere, VP, Gambit, dan Entropiq.

Polemik Akuma

Empat belas dari enam belas tim yang berpartisipasi dalam EPIC CIS League Spring 2021, ditambah Russian Unique, mengirimkan surat yang ditandatangani kepada Valve yang mengklaim bahwa Akuma harus diselidiki. Hanya dua tim yang tidak berpartisipasi adalah Akuma sendiri dan tim dari mantan Marlian.

Menurut penandatangan, kinerja luar biasa dari tim Akuma terkait dengan praktik anti-persaingan, seperti curang dengan bantuan eksternal atau penggunaan beberapa peretasan radar.

Juga, sesuai dengan klaim mereka terhadap tempat ke-3 dalam kompetisi, keterlambatan minimal atau tidak ada di GOTV, fakta bahwa komunikasi di antara mereka tidak direkam, dan tidak adanya anti-cheat adalah bukti kuat dari kekhawatiran mereka.

Sebelum surat itu dikirimkan, acara tersebut sudah sempat diliputi polemik karena alasan yang sama seperti di atas. Oleksandr “s1mple” dan Alexandr “zorte” adalah beberapa pemain yang mengeluhkan kondisi acara RMR di Twitter.

Meskipun tidak ada yang harus dilakukan untuk masalah teknis yang ditampilkan selama acara, ada baiknya menemani jika akan ada keputusan mengenai Akuma Ukraina.

Apa yang Diharapkan Selanjutnya?

Sejauh ini, dalam sebuah wawancara dengan HTLV, Federasi Esports Rusia (RESF), salah satu perusahaan yang bertanggung jawab atas acara tersebut, mengakui masalah yang dilaporkan oleh para pemain. Namun, penyelidikan mereka tampaknya tidak mengungkapkan kesalahan tim Akuma. Dalam pesan mereka, mereka menyatakan bahwa mereka menyambut baik informasi baru yang dapat membuka kembali penyelidikan.

Author: editor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *